Review rasa kopi sachet review rasa kopi murah rasa kopi instan

     Kali ini gue mau review rasa minuman kopi sachet alias kopi murah. Kopi yang harganya seribuan perak per sachetnya, yang bisa elu beli di warung terdekat atau di tukang kopi keliling dijalanan. Dan kenapa juga gue bilang kopi instan? Karena tinggal elu sobek bungkusnya, tuang air panas, siap dinikmati. Ngaduknya pun enggak perlu sendok, cukup elu lipat bungkusnya jadi deh sendok darurat. Ya mungkin elu yang diberi kelebihan rejeki bisa review kopi cafe di mall yang harganya 45ribu secangkir, atau mungkin bukan kopi mahal tapi unik dan legendaris, ya silahkan aja. Gue sekedar berkarya dengan apapun yang gue bisa.
         Oya yang gue akan review adalah terutama kopi hitam. Kopi plus susu, krimer, santan juga sih.  Cuma gue kurang suka kopi gituan mungkin akan gue ulas juga, tapi kalo lagi dapet gratisan ya 😁 . Mungkin suatu hari nanti kalau gue dapet hidayah gue akan coba bikin review kopi plus campuran. Tapi gue enggak janji ya hihihi....         
        Satu lagi ya, gue kalo beli kopi satu renceng alias 10 sachet, trus gue juga gak tiap hari ngopi jadi ya gue minta elu buat sabar buat nunggu apdetan artikel ini bleh dan sering2 maen kesini biar enggak ketinggalan.
Nescafe Classic tanpa gula tanpa ampas
          Ini kopi enak, per sachetnya hanya kopi aja tanpa gula. Pahitnya pas, rasa asamnya ada dibelakang taste aslinya. Kira2 asamnya hanya 20%. Saat diseduh aroma kopinya kurang tajam. Mantaplah.. Skor gue delapan untuk kopi ini. Tapi karena dia tanpa gula elu harus hati2 nakerin gulanya bleh, karena kalo terlalu manis rasanya bakalan ambyar.
Indocafe Coffee O
       Kembali gue hadirkan kopi tanpa ampas, sudah dicampur gula dalam bungkusnya. Saat diseduh taste gula masuk bercampur dalam aromanya, jadi seperti bau permen Kopiko. Setelah diseduh encernya seperti umumnya kopi tanpa ampas. Sruuppp... coba deh elu srutup, pahitnya dapet dan rasa asamnya sangat kuat. Perbandingan asam dan pahitnya 50 - 50.
      Kopi ini agak susah didapatkan, gue beli di The Food Hall, di toko mart serperti Alfa dan Indomaret gue belom pernah liat kopi ini dipajang di rak, di Alfa Midi pernah gue liat, tapi males dah kesono karena harus bayar parkir Rp,2000, dan jangan cari kopi ini ditukang kopi keliling atau warung, karena niscaya hanya akan membuatmu bersedih dan kecewa.
Kopi Kapal Api
      Boleh dibilang ini adalah kopi yang paling dekat dengan kebanyakan Rakyat Indonesia, bukan merk kopi kemaren sorenya Iwan Falas. Yup, Kapal Api menjadi kopi hitam yang paling mudah elu temui di warung-warung atau pedagang kopi keliling. 
       Saat diseduh meski tidak spesifik tapi punya karakteristik aroma tersendiri. Meski elu seduh dengan air mendidih tapi tetep aje bubuk kopinya banyak yang ngambang bleh. 
         Rasa pahitnya tidak terlalu berat, asam dan pahit cenderung seimbang.
Sedikit banyak Kapal Api juga menjadi icon silaturahmi. Nggak percaya? Laki gue tiap abis ngeseks selalu minta dibikinin Kapal Api. Sambil ditemenin sebatang Jarum Super, badan hanya ditutupi selimut sebatas pinggang kita ngobrol hal-hal yang sudah kita alami siang harinya. Elu kalo abis ngeseks ngapain bleh? Langsung tidur dan posisinya pantat-pantatan kan?
Kopi kotak Nescafe Black
        Masih dari keluarga Nescafe, Ini dia satu-satunya kopi hitam dalam keemasan kotak. Kalo elu enggak percaya sama bacotan gue silahkan elu cek di Indomaret terdekat. 
         Kopi ini rasanya super ringan hanya manis, secuil persen pahit dan tak ada asam sama sekali. Seperti elu nyeduh kopi terus elu minum ampe abis, dijokin lagi, lagi dan lagi. Rasa kopi ini seperti jokan yang ketiga.
      Sebenernye gue gak suka sama kopi ini tapi berhubung gak ada yang lain.... Witing tresno raono sing liyo.
Kapal Api Signature Original Black Coffee
     Kopi rilisan baru dari raksasa perkopian Indonesia, mungkin belom genep setahun ia ada di showcasenya Warung Pak Mahmud. Ia punya tambahan gula aren yang menjadi nilai plusnya.
     Rasanya ringan, gak ada pahitnya sama sekali. Elu pernah nyeruput Nescafe Black kotak seperti gambar diatas bleh? Rasanya sama persis hanya ketambahan aroma gula aren. Itu saja.


Indocafe Super Blend
     Sejujurnya ini bukan kopi sachetan. Sepertinya Indocafe tidak memproduksi yang sachetan untuk tipe ini, dan harga per toplesnya pun kalo gue hitung masih sama dengan kupi sachetan, jadi cocoklah buat dipajang di rubrik ini.
      Terbuat dari kopi mandheling karena berasal dari Mandailing Sumatera Utara, kopi ini punya rasa asam yang sangat kuat dan beriringan dengan rasa pahitnya. Rasanya sama seperti Cofee-O diatas, tapi yang ini minus gula.
    Saat diseduh harum aromanya sangat khas kopi tanpa ampas. Pahitnya top martokop, bak anak panah lepas dari busurnya, kopi ini tanpa ampun menghujam ke pusat rasa ngantuk elu.
Kalo elu penyuka rasa pahit, kental tapi gak suka rasa asamnya, saran gue mendingan elu ambil Nescafe aja.
Kopi Torabika Duo
       Buat elu yang suka kopi hitam tapi benci rasa asamnya gue rasa kopi ini cocok buat elu. Rasanya lebih ringan daripada Kapal Api namun tidak menghilangkan nikmatnya ngopi. Oya gue lupa ngefoto bareng bungkusnya. Kopi ini gue beli di Alfa Midi, harganya Rp.5000/sachet sudah termasuk gelas dan air panas buat nyeduh. 
Torabika Gilus Mix
Jagoan baru dari raksasa kopi Torabika diluncurkan di era pandemi covid19 tahun 2020.
Ini kopi ter weeekkk yang pernah gue minum. Bau dan rasanya seperti minum sebotol antibiotik.


     Merk kopi baru dari pabrik kopi asal Kota Kretek. Mencoba melihat celah pasar yang bisa digarap di tengah sesaknya merek2 kopi sejenis. Tak heran mereka langsung merekrut pesinetron top Dory Harsa sebagai bintang iklan dan brand ambassador. Ini kopi enak, smooth dan ringan, apalagi kalau dingin. Ringannya mirip sama kopi cap musang. Rasanya kopi ini gak sampai bikin lambung elu nyeri bleh.
Neo Coffee
Ini kopi juga di produksi oleh brand yang bikin sabun colek. Mungkin satu merk sama kopinya Iwan Falas. 
Top Coffee
   Kopi yang punya tagline Kopinya Orang Indonesia dan diminum oleh Iwan Fals. Terbuat dari Kopi Toraja, Kopi ini diproduksi oleh divisi makanan dari pemilik merk sabun colek legendaris. Harga per rencengnya paling murah, itu pun masih dapet bonus satu sachet kalo elu beli serenceng (10 sachet). Ora percoyo? Takono dewe nang warung kono.
    Begitu diseduh tercium aroma kopi mentah atau tanah. Elu yang sering nyantap ikan bandeng pasti tau maksud gue. Kopi ini rasanya sama dengan Torabika Duo, satu level dibawah Kapal Api. Rasa asemnya kurang tapi rasa asli kopi dan pahitnya masih ada. Tambahin dah sebatang LA Lights atau Star Mild bikin acara ngelihatin cowok2 penjaga toko lalu lalang atau ngeliatin profil WA temen2 elu makin jos.
   Buat elu yang enggak suka sama rasa asem dari kopi, atau ngerasa Kapal Api terlalu keras buat elu dan bikin nyeri lambung cobain deh kopi ini bleh. Kopi ini juga nyaris ada di setiap tukang kopi keliling atau di warung kelontong. Misal elu lagi istirahat abis ngojeg trus ngaso di kang kopi keliling dan kepengen Torabika Duo tapi lagi enggak ada, kopi ini bisa jadi serep.
Kopi Selera Kita
     Kopi ini punya motto Kopi Asli Indonesia, diproduksi oleh PT Sinar Prima Food, Bogor Jawa Barat. Harganya Rp.9600/renceng ( Desember 2018). 
Saat dituangin air panas langsung tercium aroma minuman berkarbonasi, baunya mirip Root Beernya A & W. Dalam hitungan detik bau tersebut segera hilang berganti dengan bau tanah. Kalo elu nyeduh kopi ini di dapur dan diminum di ruang tamu, nah bau rootbeernya kembali ngambreng menarik perhatian khalayak.
     Tidak seperti kopi berampas lainnya yang airnya berwarna kecoklatan setelah diseduh, Selera Kita warnanya tetap hitam pekat. Kopi ini punya rasa pahit yang minimalis, asamnya nyaris tidak terdeksi oleh lidah gue tapi rasa manisnya poll. Untuk urusan rasa, peringkatnya ada dibawah Top Coffee. Yang gue suka dari kopi ini adalah aroma root beernya.
     Kopi ini gue beli di Supermaket Giant saat gue disuruh beli kopi ho ci min ama majikan laki. Karena gak ada gue comot aja kopi ini, padahal kalo ketemu tu kopi gue bakalan di jilmek dua ronde. Tapi ah biarin aje, bodo amat emang yang butuh siape.
Excelso Robusta Gold
      Saat gue ke Apotik Pak Mahmud gue ngeliat kopi ini, sepertinya ini produk barunya Excelso, Kalo gak salah ada lebih dari lima jenis kopi dengan packaging seperti ini dengan bermacam varian harga. Yang elu lihat gambarnya diatas harganya Rp.13.800/box  isi 10 sachet, gue beli yang paling murah dulu, biar kalo rasanya gak enak nyeselnya gak sampe ke bo'ol. Kemasan dan desainnya keren dan elegan. Dari keemasan dan packagingnya seolah ini kopi udah bilang kalo "ini kopi enak." Pengennya gue sih gue buat threat tersendiri akan tipe2 kopi Excelso ini, tapi ya terkendala duit bleh. Harga satu dusnya ini aja udah mahal kata gue.
     Sejak unboxing, kemudian nggunting sachetnya, mengendus wangi kopinya hingga menuang ke gelas, sensasi itu terus berlanjut. Naik-naik seperti perjalanan menuju puncak orgasme.
 Wangi yang signature, warna hitam pekat, rasa pahit yang menohok tanpa basa-basi dan rasa asam yang minus. Ini adalah pencapaian tertinggi dalam petualangan gue akan kopi hitam berampas. Yap Excelso Robusta Gold saat ini pantas dapat bintang empat sampe gue edit lagi tulisan ini bleh.
Excelso Arabica Gold
      "Es, seduhin gue kopi." titah laki gue begitu mata melek. Gak lama dia bangkit trus nyulut roko sebatang dan masuk kamar mandi. Ahay! gue inget kemaren gue nyelipin tiga sachet kopi ke kantong gue begitu gue disuruh nyeduh kopi ama majikan laki.
     Kopi mateng gue masuk kamar untuk ngambil hape, begitu buka hordeng kelihatan  laki gue yang lagi menghadap cermin lemari sambil ngeringin badannya selesai mandi, jempol dan telunjuk kirinya membentuk lingkaran dan membuat gerakan maju mundur pada alat kelamin. Gluk! gue sempet nelen ludah liat kemaluan laki gue yang tegak berdiri laksana jarum bensin full tank. Ohhh... ohhh... desahnya sambil matanya terpejam-pejam. Kaget hordeng dibuka laki gue langsung menghentikan kegiatannya.
    "Woi, ngapain lu disitu? Keluar sono!!" Bentak laki gue. "Udah tau laki lagi mau pake baju malah diliatin! Dasar perempuan goblok!!" Gue segera lari ke dapur. Suara keras laki gue laksana pedang Zorro langsung tepat menikam perasaan kewanitaan gue. 
"Perempuan gak tau diuntung!" Brakk!! suara pintu lemari dibanting.
    Excelso Arabica Gold lebih paten dari saudara tirinya Robusta Gold. Harganya lebih mahal  Rp. 10ribu/box isi 10 sachet. Ini pencapaian lebih tinggi dari dari Robusta Gold, iyalah harganya juga beda. Pahitnya pas, rasa asamnya tegas terjaga. Pun begitu dengan aroma wanginya. Pokoknya juara!
Excelso Kalosi Toraja
Varian termahal dari Excelso sachet yang mampu gue beli, rasanya enggak jauh beda dengan yang udah dibahas diatas. Mungkin ekspektasi gue terlalu berlebih, tiap beli Excelso rasanya enak dan makin mahal makin enak tapi tidak dengan yang ini. Meski nikmat tapi gue tidak merasakan sensasi lain kopi ini dibanding varian saudara-saudaranya.



Torabika Creamy Latte
      Kali ini kita bahas non kopi hitam ya bleh.  Saat elu seduh wanginya indah banget, bisa menggoda semua orang sejangkau siar. Torabika Creamy Latte menyediakan gula terpisah per sachetnya. Jadi elu bisa eksperimen dengan menentukan sendiri tingkat kemanisan kopi yang elu buat. 
      Rasanya gurih, nikmat, dan legit. saat gue semuain gulanya  rasa manisnya jadi dominan dan nyaris menghilangkan rasa pahit atau coklat dari kopi. Kopi ini cocok buat karyawan kaum wanita  untuk  melawan kantuk disaat jam kerja.
*****
       "Es, bikinin gue kopi!" Suara lantang majikan bikin gue terperanjat bak disundut obor Asian Games.
"Saya Tuan." Jawab gue sambil berdiri dan menjerang air di atas kompor. 
Begitu air mendidih langsung gue tuangkan ke cangkir yang berisi Torabika Creamy Latte. 
Srrr... harumnya begitu menggoda, bikin idung gue serasa dikitikin. Begitu selesai diaduk gue icipin sesendok, hmmm enak, sesendok lagi, terus sampe sendokan kelima.
"Udah belom kopinya, Es?" Tanya majikan gue dari ruang tamu. 
"Ya Tuan, sebentar." jawab gue sambil nambahin aer ke cangkir kopi majikan, kemudian gue segera ke ruang tamu untuk menghidangkan kopi itu.
Itulah sekelumit cerita dari foto dan review kopi diatas.
 Kopi ABC Susu
      Ini adalah salah satu kopi yang paling mudah didapatkan di semua warung dan tukang kopi keliling. Setelah diseduh aroma susunya bercampur dengan kopi, saat di srutup gula terasa manis taste gula merah, manis banget seperti susu kentel elu campurin gula. manisnya cocok untuk teman menghabiskan sebatang Jarum Super. 
ABC Mocca
      Gue rasa ABC Mencoba meluaskan pangsa pasarnya dengan merilis kopi ini. Tapi meski ditambahin moca gue tidak merasakan perbedaan yang signifikan dari ABC Susu  standar. Malah manisnya semakin terasa dan hampir tidak menyisakan rasa pahit.
Tora Susu Torabika Full Cream
     Kopsus produksi Torabika dengan iming-iming tambahan full cream. Rasanya 11 12 sama ABC susu tapi lebih ringan dan saat diseduh warna kopinya lebih terang (apa gue nuang aernya kebanyakan ya? Hahahaha....) Enggak ada nilai plus dari kopi ini dibanding kompetitor.
Top White Coffee Instant
     Kopi susu ketiga yang gue icipin, dibuat oleh divisi makanan pabrik yang dahulu kala terkenal oleh sabuk coleknya bleh. Punya semboyan The Art of Coffee Blending. Kopi ini punya campuran susu kental manis. Padahal susu kentel manis udah dilarang, jadi tinggal kentel ama manisnya aja dah hahaha....
   Overall meski udah merk ketiga yang gue icipin gue belum menemukan perbedaan karakter yang signifikan dari ketiga merk kopsus diatas. 

Top White Coffee
      Non kopi hitam alias kopi campuran yang sekali coba langsung jatuh cinta. Kopi ini legit banget, wanginya, rasanya pas, manisnya pas, bahkan melebihi nikmatnya Torabika Creamy Latte. Kalo menurut gue kopi ini rasanya enggak beda dengan White Coffe Cap Musang. Tapi si Musang gue dengar lagi bermasalah dengan kehalalannya. 
       Kopi ini cocok buat perempuan sibuk, enggak nyeri di perut. Minuman favorit gue kala gue mens. Dulu gue kalo mens hawanya pengen nempelengin anak majikan mulu,  atau kalo majikan maennya jelek belom apa-apa udah crot tapi semenjak gue minum kopi ini sambil banyak berzikir gue banyak berubah.
Kopi Laki plus Krimer
     Jam 21:15, dua anak singkong sudah tertidur. Gue masih mantengin D'Academy di Indosiar. Majikan laki & cewe satu meter dibelakang gue duduk di sofa. Pelan-pelan majikan laki menggeser duduknya sehingga keduanya semakin rapat. Mereka saling pagut, gue cuma pura-pura bego melototin tipi dan enggak berani nengok kebelakang. Majikan laki mulai nyosor lagi, tapi belum sampe tujuan ditahan sama tangan majikan cewe. "Udah nyeduh kopi belom?" Tanya majikan cewek. Tanpa menjawab majikan laki langsung bangun dan berlalu menuju dapur, sementara majikan cewe masuk kamar. 
    Ternyata majikan laki nyeduh kopi, begitu jadi langsung dikipasin dan dua menit kemudian langsung langsung ditenggak seperti orang minum obat dan langsung masuk kamar, ngunci pintu.
"Ohhhhssshhhh.." terdengar rintihan tertahan majikan cewe dari dalam kamar.
*****
      "Es, seduhin gue ABC Susu." titah majikan laki begitu keluar dari kamar mandi.
"Saya, Tuan."
Saat menunggu air mendidih gue nyari2 kopi di dalam plastik kresek hitam.
"Ini kopi apa ya?" Tanya gue dalam hati demi melihat kopi bungkus merah seperti yang elu lihat diatas diantara beberapa bungkus kopi ABC Susu. Gue baca ingredients dan khasiatnya bleh, hehe.. mendadak timbul niat jahat gue....

*****
      Tok-tok2 terdengar pintu digedor-gedor dari luar jam 16:30 sore. Keras bener kayak orang lagi kebelet berak.
"Bangsat luh! Anjing luh! Tadi kopi apaan yang elu suguhin ke gue?" Pintu dibuka majikan laki langsung nyap-nyap ke gue tanpa sempet buka jaket.
"ABC Susu." Sahut gue santai sambil memandang lembut mata majikan.
"ABC Susu tai anjing!! Seharian gue ngojeg kontol gue nyetandar terus. Lu jangan belagak gila yeh!" majikan laki makin kesetanan sambil nunjuk muke gue, persis orang makan bakso kepedesan trus minum es teh. 
"Ngoahahahaa... hihihihi..." Gue cuma ketawa-ketawa ngakak sambil nutup mulut pake telapak tangan.
"Setan!!" Majikan laki langsung berlalu kemudian bongkar-bongkar tumpukan koran bekas nyari2 gambar syur buat bacolan.
"Hahahaha.... hahahaa...."

Old Town White Coffee
    "Es, mau kopi gak luh? Seduh nih." Kata majikan sambil buka ngeluarin kopi itu dari saku jaketnya. 
    Ini kopi rilisan sebuah kafe. Kalo gue lihat harganya Rp.5500/sachet, bungkusnya memajang seperti Waferstick Gery beda dari kopi2 lainnya. Dari bungkusnya gue lihat ini kopi bikinan Malaysia dan sudah ada label halalnya, mungkin dikeluarkan oleh MUM (Majelis Ulama Malaysia😆). Isinya padat banget setelah diseduh pakai cangkir standar jadinya kentel banget, seperti elu nyeduh dua kopi diatas trus dijadikan satu. Kentel, tampilan dan wanginya cukup menarik pehatian. Rasanya nikmat tapi tidak terlalu istimewa. Meski begitu setelah kopi ini agak dingin dan elu srutup, elu gak akan pengen berhenti hingga tandas setengah cangkir. 
Kalo rasa kopi ini sama dengan yang diminum langsung di kafe atau sebagai preview, gue gak akan datang ke kafe ini.
"Tuan beli kopi ini dimana?" Tanya gue setelah naro cangkir kotor bekas kopi.
"Enggak beli." Sahutnya.
"Dapet?"
"Enggak"
"Dikasih?"
"Mmmmmm... iya eh enggak."
"Lah, siapa yang ngasih?"
"Tadi gue dapet orderan GrabFood, trus gue lihat kopi ini di pajang di depan kasir."



Bersambung.....

Comments

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang salah satunya adalah jasa pembuatan Rainbow slide / perosotan warna warni.
    Pelangi slide, juga disebut sebagai empat musim salju slide atau tabung Salju kering. Pelangi slide sebagai hiburan populer dalam beberapa tahun terakhir, adalah jenis proyek hiburan yang meniru ski dengan menggunakan bahan plastik halus yang dusebut juga PE/PP yang sangat aman digunakan untuk berbagai macam pembuatan wahana. Selain itu jenis bahan ini mudah dibersihkan dalam proses perawatannya.Dirancang sempurna untuk anak - anak dan balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami cedera saat bermain. Memiliki warna-warna yang cantik dan sangat cocok diaplikasikan ditempat wisata seperti :
    - Waterpark
    - Taman bermain,
    - Playground, DLL.

    Jadikan usaha anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lain
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut di
    Wa/Telp : 0811-1252-0824 Rahma

    follow juga sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru :
    https://rainbowslidejakarta.blogspot.com/
    PINTESEST : rainbowslidejakarta
    TWITTER : SlideRainbow

    ReplyDelete

Post a Comment