Review Rasa Kopi Kafe

         Akhirnya gue diberikan hidayah untuk bisa keluar dari jerat kopi sachet dan mulai membuka diri terhadap kopi racikan yang dijual di kedai kopi atau kafe atau ghost cafe. Untuk sementara yang gue review adalah kopi hitam tanpa gula karena gue kepengen ngurangin gula biar badan gue tetep singset en makin disayang majikan.
         Gue pernah ngobrol sama seorang pengurus pesantren dia bilang "Kopi itu bagus neng buat kesehatan, tapi kalo diminum tanpa gula ya. Kalo pake gula itu bukan kopi ya tapi kulekk." Urainya dengan logat ngapak yang kental.
Apa itu kulekk? Gue kasih clue nya ya: ada pisang, ada ubi, kolang kaling dan santen. Biasanya dijadikan hidangan khas buka puasa bleh.
         Kalo nanti suatu saat gue kepengen ngereview kopi susu atau kopi lainnya ya itu sah2 aja bleh selama masih sesuai dengan motto blog ini.
Yang berikutnya tentu saja yang harganya terjangkau sama gue bleh.
Kopi Hitam di Papajacks Kopitiam, Flavor Bliss Alam Sutra Tangerang Banten
           Ini adalah kopi termahal yang pernah gue srutup di era modern ini. Harganya Rp. 25ribu (Agustus 2018, Pertalite Rp.7800/liter). Sebenernye gue pesen kopi hitam pake es, tapi apa lacur yang dianterin malah kopi hitam panas. Begitu gue komplen si wajah si pelayan langsung terlihat bahwa ia dalam masalah besar, yang kedua tetek si pelayan ini cukup besar dan terlihat sangat indah. Poin terakhir menurut gue udah cukup untuk meluruhkan segala dosa-dosanya 😁.
         Dihidangkan dengan cangkir seperti elu bertamu dirumah sudara elu, kopi ini punya wangi standar, pahitnya masih wajar, begitu juga dengan asamnya. Cocok untuk elu yang punya masalah lambung. Mungkin lebih jos kalo ditambahkan gula.
Black Coffe With Grulle Cafe 98 Graha Raya Tangerang.
      Gue diajak laki gue kesini, buat urusan bisnis. Kemaren ada temen sepabrik laki gue cerita kalo temennya punya kawan dan kawannya itu punya bos orang Korea  yang lagi nyari tokek berat satu kilo, tu orang Korea sanggup bayar Rp. 2 milyar buat tokek dengan berat diatas 1kg. Na sekarang mereka janji ketemuan di kafe ini buat mematangkan rencana dan bagi tugas. Kalo ini proyek gol untungnya lumayan kan. Oya, hasil rapat  memutuskan laki gue kebagian nyari tu tokek kemana aja, yang penting dapet sebelum tanggal 10 sebelum orang Korea itu balik ke negaranya. 
      Janjiannya jam 2. Laki gue dateng jam 14:35 dan ternyata belum ada yang dateng. "Sialan, belum pada dateng. Kena beli minuman gue nih." rutuk bokin gue. 
"Selamat siang Bapa, silahkan Kopi 98nya." sambut barista ramah sambil menyodorkan daftar menu.
Laki gue cuman senyum ogah2an.
 "Mau minum apa  Yang?" Tanya laki gue. Jiaaah... tumben gue dipanggil 'Yang' biasanya mah tai banget. 
"Apa ya...." gue pura2 bingung. Mau milih juga percuma, ujung2nya ikutin mau dan isi donpetnya dia. 
Gue perhatiin biji mata laki gue yang lagi baca daftar menu. Ngeliriknya ke arah kanan alias ke daftar harganya. 
"Ini apa Koh?" laki gue nunjuk satu menu kopi.
"Oh itu kopi dengan grulle." 
Apa  itu Grulle?"
Bumbu masak khas prancis, impor dari Brasilia." sahut abang barista bangga.
"Lah, jauh amat." gak sadar gue nyeletuk. 
"Diem Luh!' Bentak laki gue tertahan sambil melotot ke arah gue.
"Ya udah ini aja, yang dingin ya. Bumbunya banyakin ya. Oya ntar gelasnya gue minta yang kosong satu."
"Saya, juragan." sahut si barista taat.
        Harga kopi ini Rp.30rb (September 2019, Pertalite 7800/liter). Ini kopi hitam, pakai es batu. sepertinya pakai gula aren juga. Setelah jadi dan dimasukan gelas warnanya jadi coklat seperti teh. Rasanya unik, seperti ada aroma lemon tea nya juga, sekilas mirip Kapal Api Signature, tapi ini lebih luas. 
Kopi Hitam Tetangga Tuku Kopi
    Gue tau brand kopi ini setelah liat di tipi, Jokowi sempet minum kopi ini dan setelah itu gue sempet liat juga antrian tukang gojek di depan gerai brand kopi ini. Kopi ini harganya Rp.18.000 (September 2019, Pertalite Rp.7800/liter). Gue beli yang dingin dengan campuran es batu dan gue minta gulanya dipisah. Rasanya pekat seperti Excelso sachet tapi ada taste bakar nya tapi pahitnya masih rata2. Gula yang gue minta dipisah ternyata gula bening cair, dan gue campur semua rasanya masih seimbang alias gak terlalu manis. 
     Rasa pahitnya mampu menahan elu untuk tidak segera menghabiskan kopi ini alias elu isep aje sedikit2 biar enaknya lama. Pas beli kopi ini gue lagi enggak ngantuk jadi gue gak bisa ngukur seefektif apa kopi ini dalam membunuh rasa kantuk. 
Kopi Paduan Arabika & Robusta di Property Cafe, Pasar Paramount Tangerang
        Kopi ini harganya Rp.10ribu (Agustus 2018/ Pertalite Rp.8000/liter) kopinya pekat banget pahitnya. Panas, pahit dan wangi kopi itu yang gue rasakan. Gue isep lagi mencoba mencari rasa asam kopi yang biasanya ikut. Tapi sama sekali belum berasa. Sekitar sepuluh menit kemudian setelah kopi agak dingin gue isep lagi, rasa pahitnya belum berkurang, tapi rasa asamnya baru muncul. 
     Overall rasa kopinya enggak terlalu istimewa, tapi juga enggak buruk. Kalau pakai skor tujuh koma delapan dah. Tapi gue menantikan untuk datang lagi kesini, untuk mencoba aneka jenis kopi lainnya. Semoga gue diajak ke daerah sini lagi sama majikan laki.
Kopi Alfa express
     Ini kopi instan yang elu bisa dapatkan di gerai Alfa Express. Gue belinya di rest area KM. 43 Tol Tangerang arah Pelabuhan Merak. Harganya Rp.,9000/gelas (September 2018, Pertalite Rp.7800/liter. Kopi ini sesuai tulidan yang gue baca di mesin giling kopi otomatisnya terbuat dari biji kopi Americano. 
     Kopi ini punya rasa pahit dan asam yang polll..  Sekali teguk bak anak panah yang lepas dari busurnya langsung menghujam pusat rasa kantuk elu tanpa basa-basi.
Original Cold Brew Point Cafe
Kopi hitam  yang nikmat. Basic taste kopi (pahit dan asamnya) ini sama seperti Nescafe Classic, tapi aromanya lebih wangi dan ambience lebih dapet. Kopi ini harganya  Rp.20rb dikemas dingin dalam botol ukuran 250ml, atau setara dua sachet Nescafe Classic. Harganya? Rp.20rb (November 2019/Pertalite 7800/liter).  
Iced Coffee Coffee Toffee
    Salah satu menu andalan dari sebuah kafe yang terletak di Jalan Margonda Raya Depok. Iced Coffee terdiri dari kopi, susu, es batu dan taburan choco granule, Srutupan pertama gak berasa apapun, kebanyakan es batu. Barista goblok. Karena udah gak berasa apapun gue coba untuk menginvestigasi rasa sebenernya.
   Kalo takarannya bener gue yakin rasanya maksimal cuma sepantaran Torabika Creamy Latte sachetan.
Es Kopi Susu FoYU
   Gerai kopi yang baru buka di kawasan Bojong Nangka Tangerang, memajang spanduk besar Harga Mulai Rp.12.000. Setelah gue selidiki ternyata ini gerai ketiga brand tersebut. Gue coba dari menu yang paling banyak orang suka: Es kopi Susu. Racikannya standar: Susu segar, kopi, gula cair dan gula aren. Harganya Rp.15.000 (Desember 2019, Pertalite Rp.7800/liter). Rasanya persis  seperti Kopi Kenangan, jadi gak usah gue jelasin lagi ya. Elu tinggal scroll kebawah sono. Enak menurut kok, rasanya sesuai dengan harga yang elu bayar dan menurut gue ini melebihi ekspektasi gue, mengingat brand ini mengincar pasar penduduk perumahan dan tempatnya di ruko.  
   Menurut gue lumayanlah buat warga perumahan sekitar kalo elu kepengen kopi yang agak enak elu gak perlu jauh2 atau ngeluarin ongkos lagi buat order dari GoFood.
Kopi Kedai Wak Bewok
  Ini kopi gue gak beli. Dibawain sama ownernya Nyapnyoi namanya, ownernya itu temen maen majikan gue dulu. 
   Dari tampilannya yang berwarna coklat terang gue udah berkesimpulan ini minuman cuma ngandelin rasa manis doang kayaknya. Srutupan pertama gue nemu rasa manis dan pahit yang seimbang, kesan pertama gue salah. Lumayanlah buat orang yang gak terlalu suka rasa manis, oya kopi ini enggak pake es batu jadi rasanya terjaga. Kan banyak tuh kopi-kopi jaman sekarang es batunya banyak banget jadi selain ngirit rasa aslinya cepet ilang karena lelehan es batunya.
"Ada rasa kacangnya ya kan?" tanya Nyapnyoi percaya diri. Gue isep lagi, isep lagi. 
"Enggak tuh" kata gue dalem hati sambil menggeleng. Enggak ada rasa kacang.
"Berarti elu gak ngerti kopi." vonis Nyapnyoi.
Sialan. Emang gue gak nemu itu rasa kacang, setan!
Kopi Kenangan, gue taro diatas ranjang sebelom diicip laki gue.
       Pertama kali gue lihat gerai ini kopi di mol SMS, waktu nganterin majikan nyerpis hp, gue berharap majikan mampir dan beli barang segelas, tapi sepertinya impian gue terlalu tinggi karena kalo dilihat dari raut mukannya majikan gue lagi bokek, ya sejak awal  tahun hpnya jadi anyep alias jarang dapet orderan. "Nge grab makin sepi." curhatnya. "Makanya gue bawa ini hp ke serpisan, siapa tau abis di serpis jadi gacor lagi". 
      Beberapa  bulan kemudian gue baca berita kalo ini brand kopi dapet suntikan dana lumayan gede dari investor asing. Yang gue beli ini namanya kopi Kenangan Mantan ukuran small harganya Rp.18rb (Agustus 2019, Pertalite Rp. 7800). 

     Rasanya seger, manisnya pas pakai gula aren, aroma dan rasa kopinya kuat tapi tidak sampai mengganggu. Enak banget, rasanya pengen segera elu srutup semua itu kopi sekaligus. Gue minum itu kopi 7/8 gelasnya, gue sisain dikit buat ngoleh-ngolehin laki gue.

    "Es, Ini pakai santen ya? Berasa ada santennya" komentar sekaligus pertanyaan dari laki gue. 
"Enggak terasa ah, tadi gue gak liat yang dagang nuangin santen, mungkin pake kali dikit." jawab gue.
"Mau yang berasa santennya, cobain yang tua nih..." Tiba-tiba emak gue nimbrung pembicaaraan. Sikunya disenggolin ke pundak kali gue, kemudian lidahnya keluar sedikit membasahi bibir 😛. Lirikannya menggoda. 
"Mamah apa-apaan sih?" Kata gue melotot ke emak gue.
Es Kopi Main Hati Kopi Lain Hati
     Dipasarkan dengan harga yang sama dengan Kenangan, yakni Rp.18rb/cup untuk kopi susunya. Lain Hati punya style logo dan font yang mirip dengan Kopi Janji Jiwa dan Kopi Soe. Apakah ada kesamaan pemilikan? Biar Google yang jawabnya.
     Gue pesen kopi ini karena paling murah, dibeli dari recehan Gopay celengan majikan.
Perlu hampir dua puluh menit nunggu pesenan gue dianter sama sang barista. Era ghost kitchen, didepan gue bererot antrian tukang Grab sama tukang Gojek.
      Pertama kali ngisep yang gue rasa ialah standar2 aja, baik dari manis, kepahitan kopi warna hingga kekentalan enggak ada yang bisa dibanggain. Enggak lebih enak dari brand2 lainnya. Selain namanya, enggak ada nilai plus lain yang bisa dibanggain sama ini kopi. 
Es Kopi Susu Janji Jiwa
       Setelah mencoba berbagai rasa dapat disimpulkan seakan semuanya menuju seragam, dan setelah ngisep kopi ini gue jadi dapat wangsit dan mulai berpikir untuk menyudahi petualangan gue di bidang perkopian duniawi ini. Gue udah menghabiskan Rp.18ribu gue, tapi gue gak mendapatkan apa yang gue cari. Bintang tiga sudah lebih dari cukup sebagai ganjaran untuk kopi ini. Semoga pendapat gue ini salah namun gue berharap kali brand ini  tetap ada  alias bisa survive serta bukan jadi yang pertama masuk liang kubur setelah trend kopi ini meredup. 
Soy Coffee Janji Jiwa
      Racik kopi dan isi sampai sepertiganya kemudian tambahkan segambreng es batu hingga penuh, jilid dan berikan ke pemesan, tak heran rasanya menjadi demikian hambar saat es nya sudah mencair semua. Janji Jiwa mungkin mencoba memperluas pasar dengan merilis varian rasa kedelai ini. Sama seperti ulasan gue tentang Janji Jiwa diatas, tak ada yang bisa dibanggakan. Target yang diinginkan yaitu varian rasa sudah cukup. Apa lagi? Kompetitor rasa terdekat? VSoy, yang botolnya beling. Tapi  sorry to say, kamu kalah jauh.
Creamy Latte Point Cafe
    Kopi yang nikmat. Harganya Rp.20rb (Agustus 2019, Pertalite 7800/liter). Kopi ini bisa elu di beli di gerai2 Indomaret bertanda Point Cafe. Gulanya pake gula aren. Tajam aroma kopi dan manis gula arennya masih dibawah Kopi Kenangan. Buat elu yang gak suka manis atau males ke mol beli kopi Kenangan mungkin akan memilih kopi ini karena lebih mudah didapatkan. Overall rasanya memang dibawah Kenangan. 
Latte Avocado Coffee
      Tradisi kopi enak berlanjut. Gue selalu punya ekspektasi berlebih terhadap brand ini, kebayar dah harga Rp.30ribu kopi ini dengan kenikmatannya yang bikin elu merem melek. Kualitasnya terjaga, sama seperti yang gue ulas diatas. Majikan langsung ho'oh begitu gue minta dibeliin dibeliin kopi ini tanpa gak perlu iming-iming jilat lubang bo'ol nanti malem.  Tapi ada satu yang mengganjal nih, gue gak nemuin rasa avocadonya loh.
Kopi 98
Kopi ini adalah produk andalannnya kafe Kopi 98 yang terletak di jejeran ruko2 daerah Graha Raya Tangerang. Harganya Rp.20rb (September 2019, Pertalite 7800/liter). Kopi, susu, plus gula aren en segambreng es batu. Rasanya lumayan enak dan tentu saja manis, kalo elu pernah ngicipin tiga kopi yang gue bahas diatas pasti elu bisa nebak rasa ini kopi. Setelah elu telen itu kopi susu akan ada taste (susu) Kental Manis Bendera. Cuma itu bedanya. 
Kopi Susu Sasando, Kedai Kopi Sasando
      Didirikan oleh pasangan suami istri berusia diatas setengah abad yang mungkin berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Sasando menurut gue belum lama berdiri alias dua orang itu masih pada belajar. Hal ini bisa dilihat dari gerakan mereka yang belum terampil saat mengerjakan pesanan dari pembeli serta peralatan perangnya semua masih terlihat baru. namun Sasando menawarkan keunikan lain bleh, elu bisa pilih  biji kopi dari jenis maupun tipe apa yang pengen elu minum. Pak penjual akan menggiling langsung dan mengolahnya di depan bacot elu bleh.
     Rasa kopi ini pahit nya ok, manisnya juga pas mirip Creamy Lattenya Point Cafe. Bedanya setelah elu telen elu akan ada rasa mecin asli di mulut elu bleh. Mecin? Iya mecin. Coba deh elu ambil lima butir atau sepuluh butir mecin terus elu isep.  
     Es kopi Susu dibanderol Rp.15.000 (Oktober 2019, Pertalite 7800/liter). Kopi ini bisa elu dapetin di Perumahan Cilebut, Bogor. Lokasi pastinya elu tanya gugel maps deh aja bleh.  Meski mereka masih belajar, tapi mereka dan kopinya punya karakter. Semoga Tuhan bukakan jalannya. 
Kopi Sayang
Satu lagi gue bawa dari brand kopi pinggir jalan. Harga Rp.5000/gelas. Gue gak mau tulis review rasanya karena akan keluar kata2 bernada merendahkan. Dan memang itu yang gue rasa. Namun kenyataan berkata lain, pembeli selalu ngerubung di depan konternya setiap sore. Penasaran? Satronin dah ke gerainya di Dasana Xentre Tangerang.
Ini Kopi Susu RotiBoy
       Tau Rotiboy kan? Ini minuman bikinan mereka. Sablon brand di cupnya sangat sederhans hanya ada tulisan Ini Kopi Susu dan logo kecil Rotiboy. Harganya Rp.20rb (September 2019, Pertalite 7800/liter). Karena sudah dingin Rotiboy enggak menyertakan lagi es batu di cupnya, ini yang bikin beda. Ini kopi udah jadi, elu pesen tinggal teken dispenser dan dijilid dah. Beda sama merk2 diatas yang kudu ngeracik dulu baristanya. Untuk kelas kopi susu yang gue bahas ini  yang warnanya paling gelap. Rasanya sama dengan Creamy Latte Point Cafe diatas, tapi tidak dengan manisnya. Nyam, ini lah rasa yang gue cari. Untuk sementara juara paling enak gue sematkan ke Ini Kopi Susu RotiBoy. 
Van Lenning Latte The Gade Coffee & Gold
    Gue gak tau kenapa namanya itu ya? Mungkin nama penemu emas ngkali. Yup cafe ini didirikan oleh atau mungkin anak usaha Perum Pegadaian. The Gade Coffee & Gold berada satu lokasi dengan kantor Pegadaian di Jalan A Damyati Tangerang. 
   Gue kesini setelah diajak setelah ngerayu majikan. Dia tiap bulan kesini bayar cicilan motor tapi gak pernah cerita ada kafe ini. Dasar pelit.
"Apaan tuh? Kayaknya keren. Kesono yuk!"
"Tukang kopi. Paling juga gak enak" Jawab majikan. Mukanya langsung berubah ngeselin.
"Cobain yuk. Gue kepengen"
"Gak ada duit." majikan buru-buru pake helm
"Ah, taik." kata gue dalam hati
"Ayolah." Lanjut gue lagi, kata-kata gue bikin lembut, sambil tete gue tempelin ke lengan majikan.
    Bolak-balik buku menu gue cuma cari yang paling murah, ketemulah ini kopi dengan nama menir belanda, harganya Rp.20rb segelas, ditambah pajak Rp.2rb jadi 22rb.
Sue banyak bener es batunya, rasa kopinya lumayan tegas, ada pahitnya. Susu putihnya lumayan berasa. Standar. Enggak beda dengan Janji Jiwa. 
    Harganya lebih mahal dari Janji Jiwa karena ini konsepnya kafe bleh, jadi elu bisa nongkrong disitu masa iya gak bayar lebih. Beda ama Janji Jiwa yang ada tepat duduknya tapi ala kadarnya. Seakan2 elu dibuat gak betah biar cepetan enyah. 
The Gade Coffee & Gold harus bersaing dengan lebih selusin kafe dan ghost kitchen coffee lainnya di Jalan A Damyati Tangerang. Siapa yang ke final?
Starbucks Granita Dolce Frapuccino
    Enggak lengkap rasanya kalo enggak  ngomongin Starbucks. Pas majikan dapet sms promo langsung dah gue suruh majikan satronin. Sampe disono ternyata jenis minuman ini yg bisa gue dapet dengan sms promo. Karena promo gue beli cuna Rp.29rb tambah bubuk coklat 6000 jadi gue cuma kena bayar Rp.35rb, sementara harga aslinya Rp.58rb ( November 2019, pertalite 7800/liter).
       Pertama kali gue srutup mmm... mantap rasanya, manis tapi gak pake banget, ada rasa gula merah tapi bukan gula merah, legit. Mak nyess dimulut. Satu yang jadi penasaran gue, gue gak nemuin rasa pahit atau asam kopi disini. Rasa coklat susu enggak juga, unik.








--bersambung----

Comments

Post a Comment