Tempat Wisata Gratis di Jakarta Museum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

     Ingin tempat tamasya gratis di Jakarta tapi berkualitas dan nambah pengetahuan? Coba elu dateng aja ke Musem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
   Museum ini berada di Kompleks Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, di Kompleks Gedung Manggala Wanabhakti Jalan Jendral Gatot Subroto Jakarta sejejeran sama gedung MPR DPR RI . Lokasi nya gampang dijangkau kalo elu naek kereta komuter turun aja di Stasiun Palmerah abis itu tinggal nyebrang. Kalo elu ngebis silahkan naek bis yang jurusan terminal Grogol atau apa aja yang liwat jalan Jendral Gatot Subroto. Kalo naek ojek onlen tinggal ketik alamatnya. Kalo males kesono ya elu bacain aja nih tulisan gue ampe khatam. Semoga elu segera dapat hidayah dan jadi mau kesono beneran ahahaha....
     Sebenernye gue enggak sengaja atau enggak ada niat kesini. Saat itu gue diajak sama majikan laki untuk ngejagain dua anak singkong. Majikan laki pas ada panggilan interview kerja untuk penerimaaan pegawai di sebuah perusahaan alihdaya yang menangani urusan kebersihan di Kementerian itu. Jadilah gue jam satu siang berangkat dari Bulakapal selap-selip naek Yamaha Mio majikan laki. Yang ikut gue, majikan laki sama dua anak singkong. Sementara majikan cewe au ah gelap.
Sambil angop nahan lapar plus gerimis gue ngeliat ini museum. 
"Apaan tuh, Es? Museum ya?" tanya anak singkong A
"Kagak tau." Jawab gue. Sebenernya gue tau itu museum, tapi gue diem aje. Takutnye ini dua anak singkong ngajakin masuk, trus gue yang ketempuan bayar.
"Kesono yok!"
"Gak usahlah disini aje. Bentar lagi baba lu palingan selesai."
Emang bener ini museum gratis tis. Pas masuk elu cuma disuruh isi buku tamu, itu pun kalo pas ada yang jaga. 
Museum ini menjelaskan serba-serbi tentang kehutanan di Indonesia sejak jaman dahulu kala, pemanfaatannya dan lain-lain. Koleksi terbanyak adalah jenis-jenis kayu yang terdapat di hutan Indonesia.

Aneka satwa yang terdapat di Hutan Indonesia

     Gue baru tau bleh, meskipun menjajah dan mengeruk semua kekayaan alam negeri ini ternyata Belanda juga peduli dengan tanah jajahannya. Itu bisa dilihat dari pihak Belanda yang menerbitkan buku dan undang-undang Peraturan Pengelolaan Hutan Lestari. Undang-undang ini dibuat untuk memerangi maraknya illegal logging atau pembalakan hutan secara liar. 

Alat-alat untuk mengukur lahan hutan tempoe doeloe
Ini dia berbagai alat transportasi untuk membawa kayu tebangan dari hutan ke kota. Yang ini jaman sudah agak modern, kayu hasil tebangan dibawa dengan menggunakan mobil yang pakai rel seperti ini
Mundur ke jaman sebelumnya lagi sebelum diketemukannya mesin dan kereta, kayu tebangan diletakkan diatas gerobak / pedati dan ditarik oleh sapi.
Mundur ke jaman sebelumnya diketemukannya roda dan sapi sebagai penarik, membawa kayu gelondongan diikatkan keatas benda seperti tandu dan berkaki seperti sepatu ski es. Cara bawanya gimana? Didorong lah bleh. Kalo jalannya enggak rata?
Berbagai jenis kayu dari berbagai macam pohon yang tumbuh di hutan Indonesia.
Berbagai jenis kayu dari berbagai macam pohon yang tumbuh di hutan Indonesia.
Berbagai jenis kayu dari berbagai macam pohon yang tumbuh di hutan Indonesia.
      Ini dia koleksi tertua alias almarhum pohon  jati paling tua yang pernah hidup di bumi Indonesia bleh. Usianya 336 tahun bleh! Mulai hidup di era Trunojoyo dan menjadi saksi bisu berbagai peristiwa hingga wafat tahun 1977.
Selain aneka tumbuhan dimuseum ini juga ada berbagai jenis hewan Indonesia yang diawetkan. Tampak diatas dan dibawah jasad badak bercula dua yang diawetkan
     Badak adalah salah satu jenis hewan pemalu, susah berinteraksi dan susah berkembang biak bleh. Konon ia bisa mengendus bau tubuh manusia dari jarak puluhan meter bleh.
    Naa buat elu yang kepengen tau penampakan asli, ukuran asli dari badak atau malah kepengen selfie di depan badak boleh dah elu dateng ke museum ini bleh.
Gambar diatas adalah tulang belulang badak yang diketemukan tahun 2010. Ukurannya lebih besar dari jasad badak yang diawetkan.

     Dimuseum ini juga dipajang aneka hasil gadget berbahan dasar kayu, selain gunungan wayang diatas ada banyak hasil olahan kayu yang mungkin bikin elu ngeh ternyata ada ya alat tersebut yang terbuat dari kayu dan asli dibuat oleh Indonesia, contohnya gadget untuk menghaluskan cabai yang disebut ulekan.
    Buat elu yang sedang memadu kasih dan ingin ruang romantis yang nyaris gratis museum ini sangat recommended bleh. Gue juga jadi kepengen (cleguk) Asik gak tuh bisa yayang-yayangan sambil nambah pengetahuan. Ditempat lain mana bisa coba ahahaha.... Selama gue disini sambil nungguin majikan gue sama sekali enggak ketemu pengunjung lain. Juga dari buku tamu yang masih putih mulus.  




Comments